Jumat, 28 Oktober 2016

Pengertian interior eksterior, desain interior eksterior, dan elemen interior eksterior

        Di antara kita pasti pernah mendengar yang namanya interior eksterior , desain interior eksterior , dan elemen interior eksterior. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang pengertian diatas. Yah langsung saja....

PENGERTIAN INTERIOR
Kata interior berarti yang dalam, bagian dalam, atau yang berkaitan dengan bagian dalam, interior sering kali diartikan sebagai komponen pendukung yang bisa mempercantik ruang di dalam rumah. Interior yang digunakan biasanya yang berhubungan dengan furnitur, penataan ruangan, pemilihan cat, penggunaan tangga dan sebagainya yang berhubungan dengan rumah bagian dalam.

PENGERTIAN EKSTERIOR
Eksterior memiliki arti berada di permukaan luar, eksterior merupakn kebalikan dari interior, yang lebih memfokuskan penataan dan pemilihan komponen pendukung untuk bagian luar rumah. Biasanya eksterior berkaitan dengan berbagai kebutuhan untuk penataan taman rumah, penerapan lampu taman, atap, kanopi dan sebagainya.
Setiap rumah dari berbagai konsep tentu saja menggunakan interior dan eksterior yang berbeda. Untuk rumah dengan konsep rumah tropis misalnya, tentu saja pemilihan interior dan eksteriornya berbeda dangan konsep rumah modern. Perbedaan itu juga bisa dilihat dari penataan ruangan di dalam rumah, seperti ruang tamu, ruang kaluarga ruang makan , dapur, sampai teras dan taman didalam rumah. Interior dan eksterior rumah tinggal bisa memberikan kenyamanan bagi penghuninya.



PENGERTIAN DESAIN INTERIOR
Desain interior adalah merencankan, manata, dan merancang ruang-ruang interior dalam bangunan. Salah satu bidang study keilmuan yang didasarkan pada ilmu desain, bidang keilmuan ini bertujuan untuk dapat menciptakan suatu lingkungan binaan (ruang dalam ) beserta elemen - elemen pendukungnya, baik fisik maupunnonfisik, Sehingga kualitas kehidupan manusia yang berada didalamnya menjadi lebih baik. Perancangan interior meliputi bidang arsitektur yang melingkupi bagian suatu bangunan.
Pada Bagian Desain Dibagi Menjadi Tiga Kelompok Yaitu:
1.    Perancangan Interior Tetap
Yaitu perancangan desain interior mulai dari merencanakan denah existing bangunan, layout,floor plan, potongan, aksonometri, detail, perspektif, maket, animasi dan teknis presentasi lainnya.
2.    Perancangan Interior Bergerak
Yaitu perancangan desai yang bersifat mikro, misalakan pembuatan desain funitur, desain produk, desain lanscape interior, handycraft, dll.
3.    Perancangan Dekoratif
Yaitu perancangan yang bersifat menghias, misaalkan mendesain hiasan pesta pernikahan, pesta ulang tahun, dll.
Dalam Penataan Ruang Interior Hal Yang Terkait Seperti:
·         Furnitur
·         Cermin
·         Lukisan
·         Partisi
·         Armatur Lampu
·         Tananman Indoor
·         Cat Dekoratif
·         Wallpaper , Dll
Di Dalam Bidang Desain Interior Memiliki Prinsip Yaitu:
1)    Proporsi Serta Skala
2)    Warna
3)    Focal Point Atau Daya Tarik Ruang
4)    Ritme
5)    Detail
6)    Keseimbangan





PENGERTIAN DEKORASI INTERIOR
Dekorasi bersal dari kata dalam bahasa inggris “decorate” yang berarti menghiasi. Dari arti katanya, dapat diambil suatu pengertian bahwa dekorasi terkait dengan kegiatan hias-menghias atau suatu kegiatan yang bertujuaan untuk memperindah sesuatu. Jadi pengertian dekorasi interior yaitu kegiatan hias-menghias atau suatu kegiatan yang bertujuaan untuk memperindah bagian dalam suatu bangunan.
Dekorasi interior secara umum terkait dengan sesuatu yang menyangkut finishing (pengecatan, pelapisan), pengolahan permukaan, penataan perabot, dan pelapisan dinding.
Dekorasi interior merupakan elemen kunci dari sebuah desain interior, akan tetapi tidak semata-mata memperhatikan interaksi dan kebiasaan manusia yang merupakan bidang kerjanya desainer interior. Meskipun dekorasi dan desain interior sama-sama menghasilkan keindahan , akan tetapi desain interior mengerjakan lebih dari itu, karena herus pula menghasilkan input desain ruang yang bertitik tolak pada aspek fungsional, efesien, dan keselamatan dalam ruang.

ELEMEN-ELEMEN INTERIOR
Elemen-elemen interior adalah segala sesuatu atau benda yang ditata dengan baik yang akan membuat perubahan yang signifikan pada sebuah tatanan bangunan bagian dalam.
Beberapa Contoh Elemen-Elemen Interior:
   Pada Ruang Tidur
-       Kasur
-       Bantal
-       Guling
-       Selimut
-       Side table
-       Lampu tidur
-       Lemari pakaian

   Pada Ruang Tamu
-       Kursi tamu
-       Meja tamu
-       Lampu sudut
-       Lukisan
-       Hiasan dinding
-       Pot bunga

   Elemen Ruang Makan
-       Kursi makan
-       Lemari makan lampu
-       Kulkas
-       Vas bunga
-       Wastafle

ELEMEN-ELEMEN EKSTERIOR
Elemen-elemen eksterior merupakan kebalikan dari elemen-elemen interior yaitu segala sesuatu atau benda yang ditata dengan baik yang akan membuat perubahan yang signifikan pada sebuah tatanan bangunan bagian luar.
Elemen Ruang Pada Penataan Eksterior Bangunan:
v  Skala              : berkaitan dengan kesan yang ingin ditampilkan oleh penampilan bangunan
v  Tekstur            : nilai raba yang bersifat nyata (lembut, kasar, licin)
v  Bentuk           : berkaitan dengan gaya yang ingin dipakai
v  Warna                        : untuk memperjelas karakter obyek dekaligus memberi aksen pada bentuk dan bahannya

Contoh Elemen Eksterior
Ø  Elemen arsitektur     : pintu, jendela, atap, dinding, kolom, tangga dll
Ø  Konstruksi                  : carport, pintu gerbang
Ø  Landscape                : pagar, penerangan luar, tanaman, kolam, area olahraga

  
GAMBAR EKSTERIOR





GAMBAR INTERIOR







7 komentar:

  1. terima kasih artikelnya, menambah informasi dan bermanfaat
    silahkan kunjungi website kami di https://jasaarsitekmalang.net

    BalasHapus
  2. kurang memuaskan karena penjelasan tentang desain eksterior

    BalasHapus
  3. Terima kasih karna sudah mau berbagi konten yang bermanfaat, dan bisa menjadi tambahan ilmu. Visit kami juga ya di Kreasi Karya Cipta OL Shop Terima kasih

    BalasHapus
  4. Terimakasih untuk informasinya mengenai desian interior. sangat bermanfaat.

    BalasHapus