Kamis, 11 Juli 2019

ILMU BANGUNAN GEDUNG



Pengertian
Yang dimaksud ilmu bangunan gedung dan ilmu teknik sipil adalah ilmu pengetahuan yang digunakan untuk perencanaan pelaksanaan , dan juga perbaikan , pembuatan bangunan , dan juga perbaikan bangunan . bangunan teknik sipil juga disebut bangunan hemat , disamping bangunan diusahakan murah , maka syarat untuk pendiriannya juga harus diikutsertakan baik syarat bahan , konstruksi , maupun syarat pelaksanaan pembuatan bangunan tersebut. Ilmu banguna gedung termasuk ilmu banguna teknik sipil yang khusus mempelajari masalah gedung-gedung.
Bangunan yang dimaksud diatas, meliputi :
1.     Bangunan suatu hasil karya orang dengan tujuan untuk kepentingan tertentu dari seseorang atau kumpulan orang.
2.     Bangunan yang bersifat penambahan atau perubahan dari suatu yang telah ada dengan suatu tujuan tertentu / untuk kepentingan seseorang atau sekelompok orang.

Jenis Bangunan
Pada umumnya bangunan-bangunan yang dibuat adalah besar dan berat, tujuan terdapat macam-macam bangunan karena banyaknya bangunan dalam teknik sipil, maka dapat dibedakan menjadi dua jenis:
1.     Bangunan Teknik Sipil Kering
Contoh : rumah, gedung, pabrik, tugu, jalan, landasan udara.
2.     Bangunan Teknik Sipil Basah
Contoh : bendungan, irigasi, saluran air, dermaga, menara air, turap.

Fungsi Pokok Pembuatan Bangunan
Fungsi pembuatan bangunan yang terpenting adalah agar setiap bangunan kuat awet dan tidak mudah rusak, sehat untuk ditempati, aman terhadap bangunan yang ada di sekelilingnya. Disamping itu pembiayaannya diusahakan relatif murah.
Tujuan penelitian tanah
1.     Mengetahui jenis tanah
2.     Mengetahui sigma tanah (daya dukung tanah)
3.     Mengetahui muka air tanah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar