Kamis, 11 Juli 2019

Jenis-Jenis Partisi


Saat ini partisi atau penyekat ruangan sering dipakai tidak hanya untuk memisahkan ruangan, tapi juga sebagai penghias interior. Partisi ada yang dibuat permanen ada yang non-permanen. Partisi permanen adalah partisi tetap yang tidak bisa dipindah, sedangkan partisi non-permanen dapat dipindah atau digeser.

Ada berbagai macam material partisi yang dapat Anda gunakan untuk menyekat dan menghias rumah Anda, misalnya sebagai berikut.

1. Kayu
Partisi kayu dapat hadir dalam berbagai bentuk, misalnya lemari pajangan ataupun dinding pigura. Keuntungan dari material kayu adalah bahwa bahan ini dapat dipadukan dengan bahan lainnya misalnya akrilik, batu, juga besi. Material kayu mudah dibentuk menjadi berbagai jenis partisi multi-fungsi.

2. Kain
Tenun serat alami bagus untuk dijadikan kain partisi. Seiring perkembangan dunia desain interior, kain tenunan dianggap sebagai material yang ramah lingkungan untuk menjadi penghias ruang, sebagai partisi maupun sebagai tirai. Untuk partisi antarruang dengan menggunakan kain, pilihlah motif kain yang sesuai dengan rencana pengaturan ruangan.

3. Ranting
Selain kain, partisi natural lainnya adalah bahan ranting. Material kayu ranting bagus digunakan untuk memadukan elemen eksterior ke dalam interior. Bahan ini sering dipakai untuk mengimbangi unsur modern yang terkesan kaku. Material kayu ranting atau akar akan membuat ruangan terasa lebih hangat dan tradisional.

4. Rotan
Rotan adalah material yang kuat dan sama menariknya dengan kayu. Rotan mudah dibentuk dan jika finishing-nya dilakukan dengan tepat, rasa tekstur bahan rotannya akan tampak terlihat indah. Partisi rotan banyak dibuat sebagai industri rumahan dan banyak dijual dengan harga relatif murah.

5. Besi
Besi dapat ditempa menjadi berbagai bentuk tampilan. Tidak hanya berfungsi sebagai pagar dan terali outdoor, besi, jika didesain dengan gaya yang menarik, dapat juga dijadikan partisi interior. Besi memiliki sifat bahan yang kuat dan dapat dibuat sebagai dekorasi ruangan.

6. Kaca
Partisi tembus pandang seperti kaca biasa ada di kamar mandi atau di ruangan-ruangan yang sengaja didesain dengan nuansa modern dan hi-tech. Partisi kaca mudah dibersihkan. Selain itu kelebihan lainnya adalah bahwa partisi kaca memiliki fungsi ganda. Di satu sisi ia memisahkan ruangan, tapi sifatnya yang transparan memungkinkan tetap adanya hubungan antarruang.

7. Gipsum
Gipsum adalah material yang paling banyak digunakan untuk partisi. Penggunaan gipsum termasuk mudah, karena material ini mudah dibersihkan dan rata. Partisi gipsum mudah pula dipasang, karena sudah ada ukuran-ukuran tetapnya.

8. Tanaman
Tanaman sering digunakan sebagai partisi. Penggunaan tanaman sebagai partisi biasanya bertujuan untuk menciptakan kesan natural pada ruangan. Pilihlah tanaman yang tidak perlu membutuhkan banyak perawatan, yaitu tanaman yang bersih dan tidak membutuhkan media tanah, misalnya tanaman yang tumbuh pada bebatuan atau pasir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar